Senin, 13 Oktober 2014

FAKTA-FAKTA TENTANG HARIMAU

0


Dalam rantai makanan harimau sebagai carnivora (pemakan daging) berada pada piramida paling atas, sehingga tidak heran jika si harimau disebut sebut sebagai raja hutan. Karena habitat alaminya adalah di hutan, sehingga hewan ini paling ditakuti karena alasan tersebut diatas. Banyak yang kagum dengan karakter dan perilaku harimau karena keakuratan dalam berburu, kemampuan bertahan hidup dan keganasannya di hutan. Keunggulan dan keistimewaan ini yang membuat hewan ini di hormati dan sekaligus ditakuti di habitatnya. Agar anda memahami lebih jauh tentang harimau, berikut kami informasikan fakta-fakta menarik tentang harimau.

Penglihatan Harimau 
1. Bentuk pupil harimau yang bulat, tidak seperti pupil kucing yang seperti garis lurus membuktikan bahwa harimau adalah hewan yang aktifitasnya pada siang hari. Sehingga waktu berburu harimau dilakukan pada pagi dan sore hari. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa secara alami harimau bukan hewan Nokturnal (hewan malam)

2. Walaupun penglihatan harimau pada malam hari tidak sebagus kucing, tetapi masih lebih baik dari penglihatan manusia, penglihatan harimau 6 kali lebih baik dari penglihatan manusia. Beberapa kasus masuknya harimau ke perkampungan karena habitat alaminya terancam biasanya harimau tidak menyerang secara brutal dan membabi buta, tetapi harimau bersembunyi diluar kampung dan menyerang manusia yang sendirian pada saat petang atau menjelang malam. Waktu penyerangan pada saat petang karena pada saat itu penglihatan manusia kurang awas.

3. Secara umum warna mata pada harimau adalah kuning, kecuali harimau putih yang memiliki warna mata biru karena gen mata menyesuaikan gen pada bulunya yang putih.

4. Bayi bayi harimau tidak dapat melihat (buta) pada minggu pertama kelahiran.

5. Penglihatan harimau seperti pada penglihatan manusia, sehingga harimau bisa membedakan warna.

Kekuatan Harimau
1. Harimau adalah hewan yang pandai berenang. Sehingga tidak heran jika harimau bisa berenang sejauh puluhan kilometer untuk mendapatkan mangsa.

2. Kecepatan lari harimau bisa mencapai 60 Km/jam untuk jarak tempuh yang pendek.

3. Kemampuan melompat harimau bisa mencapai 6 meter jauhnya dan ketinggian 5 meter.

4. Harimau memiliki kemampuan untuk meniru suara panggilan hewan lain sehingga mangsa tertarik dan mendekat. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Animal Planet.

5. Seperti hewan pemangsa lainnya, biasanya harimau membunuh mangsanya dengan mencekik leher dan memutuskan arteri pada leher hewan mangsa. Jika hewan mangsa masih hidup biasanya harimau akan membawanya sampai si mangsa mati. Memutus arteri pada leher hewan mangsa adalah strategi yang cerdik, karena dengan putusnya arteri pada leher akan mempercepat hewan mangsa mati, disisi lain pada bagian leher adalah bagian yang paling lunak hewan mangsa.

6. Harimau memiliki kaki belakang yang kuat yang memampukannya untuk berlari cepat. Selain kaki belakang yang kuat harimau juga memiliki cakar yang dapat menghancurkan tengkorak beruang hanya sekali tebas.

7. Seperti kucing, daya ingat (memori) harimau sangat kuat. Memori jangka pendek harimau bisa menyimpan 30 puluh kali lebih kuat dari manusia, dan ratusan kali dibanding simpanse. Harimau tidak mudah lupa pada apa yang dia alami, akan apa yang terjadi.

8. Berat otak harimau sekira 300 gram. Ini adalah otak terbesar dari semua karnivora kecuali beruang kutub.

9. Dalam berburu Harimau memiliki kemampuan beradaptasi. Ketika mendapatkan mangsa maka harimau akan menggigit bagian leher mangsa agar cepat mati. Harimau juga termasuk hewan yang pandai berenang. Saat berenang di sungai dan bertemu dengan buaya maka harimau akan mencocok mata buaya sampai buta dan membalikkan badan buaya sampai bisa mengeluarkan isi perut buaya. Hal ini dikarenakan bagian perut buaya adalah bagian tubuh yang paling lunak. Dan tidak memungkinkan bagi harimau menggigit leher buaya karena dilindungi dengan kulit yang tebal.

10. Liur dari harimau adalah antiseptik sehingga saat harimau terluka maka cukup hanya menjelati luka tersebut maka luka menjadi lekas sembuh karena air liur harimau juga sebagai desinfektan.

11. Pada bagian lidah harimau terdapat bulu bulu berdaging. Fungsinya saat mendi dan menjilati tubuhnya maka sekaligus menyisir bulu bulu tersebut.

Interaksi Harimau dalam Komunitasnya.
1. Secara alami harimau jarang mengaum atau mengeluarkan suaranya, mereka hanya mengaum hanya saat berkomunikasi dengan harimau lain.

2. Batas wilayah atau teritori dari harimau dilakukan dengan menggores pohon pohon dan pohon tersebut di kencingi. Dengan mencium aroma urine maka itu adalah batas wilayahnya.

3. Dengan mencium aroma urine maka harimau lain bisa mengetahui usia dan jenis kelamin dan kondisi reproduksi harimau lainnya.

4 Wilayah harimau jantan lebih luas dari harimau betina. Tiap tiap harimau memiliki wilayahnya sendiri sendiri dan tidak pernah satu kawasan dikuasai oleh harimau lain.

5. Harimau jantan sebagai pelindung keluarga. Harimau jantan selalu menunggu betina dan anak anaknya makan hasil buruan terlebih dahulu. Keandan ini berbeda dengan perilaku singa.

6. Harimau betina memiliki masa subur dalam hitungan hari dalam satu tahun yaitu masa subur antara 4-5 hari saja sepanjang tahun. Pada saat itu maka kelompok harimau melakukan musim kawin. Jika harimau betina dibuahi maka akan hamil selama 3 bulan dan melahirkan sekitar 2-3 anak harimau.

Kemampuan Berburu Harimau

1. Pada umumnya dari 10 kali perburuan biasanya baru satu yang membuahkan hasil bagi seekor harimau. Tidak jarang harimau pergi selama beberapa hari tanpa makan sebelum akhirnya sukses mendapatkan buruannya.

2. Harimau adalah termasuk hewan yang tidak tahan terhadap rasa lapar, hal ini mungkin karena ukuran tubuhnya yang besar. Umumnya harimau akan mati karena kelaparan jika tidak makan salam waktu 2-3 minggu.

3. Dalam berburu biasanya dilakukan sendiri, keadaan ini juga tergantung dari ukuran hewan yang diburu. Jika ukuran hewan buruannya besar maka mereka melakukan pola penyergapan bersama kawanannya. Harimau juga termasuk hewan yang suka menyergap saat berpapasan dengan harimau lain di hutan, Dan jarang sekali menyerang manusia jika tidak terancam.

Persilangan Harimau saat perkawinan

1. Di penangkaran, harimau bisa kawin dengan singa atau kucing lain. Jika perkawinan terjadi antara Singa jantan dan harimau betina maka akan menghasilkan keturunan dengan ukuran besar yang disebut dengan Ligers. Sedangkan jika terjadi perkawinan antara harimau jantan dan singa betina maka akan menghasilkan jenis Tiglon yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

2. Jenis Ligers bisa tumbuh dengan ukuran 4 meter. Sehingga wajar jika jenis Liger dinobatkan sebagai kucing terbesar di dunia.

Fakta lainnya tentang Harimau
1. Dari semua jenis kucing maka harimau termasuk yang terbesar. Harimau Siberia bisa memiliki ukuran sampai 3,5 meter panjangnya dan berat tubuhnya bisa 300 Kg. Sementara harimau Sumatra memiliki ukuran tubuh 2 meter dengan bobot 100 Kg.

2. Garis garis pada tubuh harimau berbeda beda sehingga dengan melihat bentuk dan pola garis garis pada tubuh harimau bisa mengidentifikasi spesies. Fungsi garis garis pada tuhuh harimau seperti sidik jari pada manusia.

3. Di dunia saat ini hanya ada enam subspesies dari harimau yaitu harimau Siberia (Panthera tigris Altai a), harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis), harimau Indocina (Panthera tigris corbetti), harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), dan harimau Bengal (Panthera tigris tigris).

4. Sedangkan ada tiga subpesies harimau yang sudah punah yaitu harimau bali (Panthera tigris balica), harimau jawa (Panthera tigris sondaica), dan harimau kaspia (Panthera tigris virgata).

5. Menurut hasil konservasi para peneliti diperkirakan di alam liar hanya ada sekitar 3.500 harimau saja.

6. Masa hidup harimau bisa sampai berusia 25 tahun baik dipenangkaran maupun di alam liar.

0 komentar:

Posting Komentar